Telegram : pesan instan dengan ‘secret chat’

telegram1

Telegram, layanan pesan instan yang sedang melambung namanya setelah penjualan WhatsApp pada Facebook minggu lalu, kini menjadi aplikasi yang harus dimiliki bagi para pengguna. Terlebih bagi mereka yang sangat menghargai privasi dan keamanan dalam percakapannya. Selain itu Telegram juga memiliki fitur self-destruct, yaitu dapat menghapus sendiri percakapan dalam kurun waktu tertentu.

Sekilas, tampilan awal aplikasi ini nyaris mirip dengan WhatsApp. Telegram memiliki struktur navigasi yang nyaris mirip; tampilan centang yang sama; dan kemampuan berbagi lokasi, foto, dan dokumen yang sama. Menurut kami sedikit kurang kreatif, namun termaafkan oleh fitur keamanannya.

Fitur tersebut dinamakan “Secret Chat,” tipe percakapan khusus yang membuat dua buah perangkat yang terhubung dapat langsung bertukar enkripsi data yang sama. Percakapan tersebut tidak disimpan diCloud ataupun server Telegram itu sendiri. Tidak hanya itu, fitur self-destruct juga dapat melenyapkan bukti percakapan anda hanya dalam beberapa detik, menit, jam, hari, atau minggu.

Aplikasi ini dirancang oleh Durov bersaudara, orang-orang yang sama dibalik kesuksesan VKontakte, sosial media nomor 1 di Russia.

  1. Langkah pertama, silahkan download Telegram Messengertelegram2 telegram3
  2. Buka aplikasinya.telegram4
  3. Tap Start Messagingtelegram5
  4. Masukkan nomor telepon seluler kalian.telegram6
  5. Setelah memasukkan nomor kalian, Telegram akan mengirim sebuah pesan berisi kode untuk nanti kalian menginputnya, atau Telegram akan menelepon kalian dengan kode dalam bentuk suara.telegram7
  6. Ketika berhasil terdaftar, jangan lupa masukkan nama lengkap dan foto kalian. Agar teman-teman dapat memastikan jika itu memang benar kalian. Jika Telegram meminta izin untuk akses ke Contact, pilih “Yes”.
  7. Kalian bisa langsung memulai percakapan dengan teman kalian. Pada Tab Contacts, dapat terlihat siapa-siapa saja yang sudah menginstall Telegram Messenger, untuk memulainya, tap saja salah satu kontak, atau jika ingin menggunakan fitur “Secret Chat”, tap New Secret Chat, kemudian pilih kontak yang ingin kalian hubungi secara diam-diam. Hehe…telegram8
  8. Bedanya dengan percakapan biasa, percakapan rahasia ini butuh konfirmasi pihak yang bersangkutan. Telegram juga menjelaskan poin-poin apa yang kalian dapatkan menggunakan fitur ini.telegram9
  9. Kalian juga bisa memastikan sendiri bahwa tidak ada pihak ketiga yang melihat percakapan kalian. Caranya: Tap foto teman bicara kalian, kemudian tap Encryption Key, dari situ kalian akan melihat sebuah gambar unik yang hanya dimiliki setiap percakapan. Jika gambar yang muncul tersebut persis dengan gambar yang keluar juga di ponsel lawan bicara kalian, berdasarkan Telegram, percakapan kalian aman 200%.telegram10telegram11
  10. Jangan lupa, maksimalkan fitur self-destruct. Yang memberikan waktu untuk percakapan anda sebelum lenyap. Caranya: tap kembali foto teman anda, kemudian tap Self-Destruct Timer. Percakapan anda bisa lenyap dari 2 detik hingga 1 minggu lamanya.telegram12telegram13
  11. Pesan singkat berwarna abu-abu akan muncul untuk mengingatkan kalian bahwa self-destructtelah aktif.telegram14

 

beberapa keunggulan aplikasi Telegram

1. Telegram Lebih Cepat daripada WhatsApp
Tidak seperti WhatsApp, Telegram berbasis cloud (layanan komputasi awan) dan sangat terenkripsi. Hasilnya, Telegram menjadi lebih cepat daripada WhatsApp.
2. Telegram Lebih Aman daripada WhatsApp
Masih terkait cloud, basis data di sana membuat Telegram lebih aman.
3. Telegram Mudah Diakses dari Berbagai Perangkat
WhatsApp sebenarnya juga bisa diakses dari laptop. Namun, lagi-lagi karena faktor basis cloud, Telegram membuat Anda bisa mengakses pesan dari berbagai perangkat (termasuk PC) dan berbagi foto, video dan dokumen tanpa batas.
4. Telegram Bisa Berbagai File Hingga Ukuran GigaByte
Seperti dilansir Telegram dalam deskripsi di Google Play Store, aplikasi ini memungkinkan penggunanya berbagi file dan video hingga ukuran gigabyte.
5. Telegram Bebas Iklan
Meskipun WhatsApp dulunya juga bebas iklan, akuisisi mahal yang dilakukan Facebook atas aplikasi ini menimbulkan kekhawatiran bahwa WhatsApp akan dijejali iklan sebagaimana Facebook baik versi desktop maupun mobile. Sedangkan Telegram, developernya menjamin “100% free and no ads.”
6. Jumlah Anggota Grup Telegram Lebih Besar daripada WhatsApp
Mungkin Anda pernah merasakan betapa terbatasnya Grup WhatsApp yang membatasi anggotanya hanya 50 orang. Padahal, teman kantor atau teman alumni sekolah Anda lebih dari seratus orang. Sementara anggota grup WhatsApp terbatas 50 orang, anggota grup Telegram maksimal 200 orang. Empat kali lipan daripada WhatsApp. Ini salah satu alasan utama mengapa orang pindah ke Telegram.

Artikel oleh: PA

Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *